BAB
II
STRUKTUR
KURIKULUM
Struktur
kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh
peserta didik pada satuan pendidikandalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata
pelajaran tersebut dibagi kedalam lima kelompok, yaitu
1. Kelompok
mata pelajaran Agama
2. Kewargangaraan
dan kepribadian
3. Ilmu
pengetahuan dan teknologi
4. Estetika
5. Olahraga
dan kesehatan jasmani
Struktur
kurikulum SMA Islam Ababil meliputu substansi pembelajaran yang ditempuh dalam
satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai kelas IX
- TABEL
STRUKTUR KURIKULUM SMA ISLAM ABABIL
1.
Kelas
X
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||||
Semester 1
|
Semester 2
|
||||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
|||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
|||
c. Fikih
|
2
|
2
|
|||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
|||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
|||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
|||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
|||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
|||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
|||
7.
Fisika
|
2
|
2
|
|||
8.
Biologi
|
2
|
2
|
|||
9.
Kimia
|
2
|
2
|
|||
10.
Sejarah
|
1
|
1
|
|||
11.
Geografi
|
1
|
1
|
|||
12.
Ekonomi
|
2
|
2
|
|||
13.
Sosiologi
|
2
|
2
|
|||
14.
Seni Budaya
|
1
|
1
|
|||
15.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
|||
16.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
|||
17.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
|||
B.
Muatan Lokal *)
|
|
|
|||
-
Bahasa
Jawa
|
2
|
-
|
|||
-
Pertanian
|
-
|
2
|
|||
-
Perikanan
|
-
|
2
|
|||
C.
Pengembangan Diri **)
|
|
|
|||
1.
Pramuka
|
2
|
2
|
|||
2.
KIR
|
|
|
|||
3.
Pencinta
Alam
|
|
|
|||
4.
Olahraga
|
|
|
|||
a.
Basket
|
|
|
|||
b.
Voli
|
|
|
|||
c.
Futsal
|
|
|
|||
d.
Bela
Diri
|
|
|
|||
e.
Tenis
|
|
|
|||
f.
Badminton
|
|
|
|||
5.
Jurnalistik
|
|
|
|||
6.
Kesenian
|
|
|
|||
a.
Seni
Rupa
|
|
|
|||
b.
Seni
Music
|
|
|
|||
c.
Seni
Tari
|
|
|
|||
7.
Qiro’ah
|
|
|
|||
J u m l a h
|
46
|
46
|
|||
Keterangan:
*)
Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan
ciri
khas dan potensi daerah, yang
ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
|
|||||
**) Bukan mata
pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan
kesempatan
peserta didik untuk mengembangkan diri
sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan
(madrasah).
|
|||||
|
|
||||
1.
Program
IPA
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||||||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
||||||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
||||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
1
|
1
|
|||
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
1
|
1
|
|||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
6
|
6
|
|||
7.
Fisika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
8.
Kimia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
9.
Biologi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
10.
Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|||
11.
Seni Budaya
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|||
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
B. Muatan
Lokal *)
|
|
|
|
|
|||
-
Bahasa
Jawa
|
|
|
|
|
|||
-
Pertanian
|
2
|
2
|
-
|
-
|
|||
-
Perikanan
|
|
|
|
|
|||
C. Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
-
|
-
|
|||
1.
Pramuka
|
|
|
|
|
|||
2.
KIR
|
|
|
|
|
|||
3.
Teater
|
|
|
|
|
|||
4.
Olahraga
|
|
|
|
|
|||
a.
Basket
|
|
|
|
|
|||
b.
Voli
|
|
|
|
|
|||
c.
Futsal
|
|
|
|
|
|||
d.
Bela
Diri
|
|
|
|
|
|||
e.
Tenis
|
|
|
|
|
|||
f.
Badminton
|
|
|
|
|
|||
5.
Jurnalistik
|
|
|
|
|
|||
6.
Kesenian
|
|
|
|
|
|||
a.
Seni
Rupa
|
|
|
|
|
|||
b.
Seni
Music
|
|
|
|
|
|||
c.
Seni
Tari
|
|
|
|
|
|||
7.
Olimpiade
|
|
|
|
|
|||
J u m l a h
|
46
|
46
|
44
|
44
|
|||
Keterangan:
*)
Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan
dengan ciri khas dan
potensi
daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
|
|||||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh
oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
peserta didik untuk
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
satuan pendidikan (madrasah).
|
|||||||
|
|
|
|||||
2.
Program
IPS
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
||||||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
||||||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
||||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
1
|
1
|
|||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||
7.
Sejarah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
8.
Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|||
9.
Ekonomi
|
6
|
6
|
6
|
6
|
|||
10.
Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|||
11.
Seni Budaya
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|||
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
B.
Muatan
Lokal *)
|
|
|
|
|
|||
- Bahasa Jawa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
- Pertanian
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
- Perikanan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|||
C. Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
-
|
-
|
|||
1.
Pramuka
|
|
|
|
|
|||
2.
KIR
|
|
|
|
|
|||
3.
Pencinta
Alam
|
|
|
|
|
|||
4.
Olahraga
|
|
|
|
|
|||
a.
Basket
|
|
|
|
|
|||
b.
Voli
|
|
|
|
|
|||
c.
Futsal
|
|
|
|
|
|||
d.
Bela
Diri
|
|
|
|
|
|||
e.
Tenis
|
|
|
|
|
|||
f.
Badminton
|
|
|
|
|
|||
5.
Jurnalistik
|
|
|
|
|
|||
6.
Kesenian
|
|
|
|
|
|||
a.
Seni
Rupa
|
|
|
|
|
|||
b.
Seni
Music
|
|
|
|
|
|||
c.
Seni
Tari
|
|
|
|
|
|||
7.
Qiro’ah
|
|
|
|
|
|||
J u m l a h
|
45
|
45
|
44
|
44
|
|||
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi
daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)
|
|||||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru
dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan
pendidikan (madrasah).
|
|||||||
|
|
|
|||||
III. KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL SMA ISLAM ABABIL tahun pelajaran 2011 / 2012
K o m p o n e n
|
Ketuntasan Belajar
|
|||||
X
|
IPA
|
IPS
|
||||
XI
|
XII
|
XI
|
XII
|
|||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
a.
Al-Qur'an-Hadis
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
b.
Akidah-Akhlak
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
c.
Fikih
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
67
|
67
|
67
|
67
|
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
3.
Bahasa Indonesia
|
72
|
72
|
72
|
72
|
72
|
|
4.
Bahasa Arab
|
68
|
68
|
68
|
68
|
68
|
|
5.
Bahasa Inggris
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
6.
Matematika
|
67
|
67
|
67
|
67
|
67
|
|
7.
Fisika
|
67
|
67
|
67
|
-
|
-
|
|
8.
Biologi
|
68
|
68
|
68
|
-
|
-
|
|
9.
Kimia
|
68
|
68
|
68
|
-
|
-
|
|
10.
Sejarah
|
67
|
67
|
67
|
67
|
67
|
|
11.
Geografi
|
70
|
-
|
-
|
70
|
70
|
|
12.
Ekonomi
|
67
|
-
|
-
|
67
|
67
|
|
13.
Sosiologi
|
70
|
-
|
-
|
70
|
70
|
|
14.
Seni Budaya
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
15.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
16.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
72
|
72
|
72
|
72
|
72
|
|
17.
Keterampilan Bahasa Asing
|
68
|
68
|
68
|
68
|
68
|
|
18.
Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
B.
Muatan Lokal *)
-
Bahasa
Jawa
-
Pertanian
-
Perikanan
|
70
70
70
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pramuka
|
B
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
KIR
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
3.
Pencinta
Alam
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
4.
Olahraga
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
a.
Basket
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
b.
Voli
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
c.
Futsal
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
d.
Bela
Diri
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
e.
Tenis
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
f.
Badminton
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
5.
Jurnalistik
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
6.
Kesenian
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
a.
Seni
Rupa
|
B
|
B
|
-
|
B
|
-
|
|
b.
Seni
Music
|
B
|
|
-
|
|
-
|
|
c.
Seni
Tari
|
B
|
|
-
|
|
-
|
|
7.
Qiro’ah
|
B
|
|
|
|
|
|
J u m l a h
|
1.524
|
1.174
|
1.174
|
1.178
|
1.178
|
1.
Kenaikan
kelas dan kelulusan
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun
ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai berikut:
a.
Nilai
rapot diambil dari nilai harian, nilai tugas (individu/kelompok), nilai ujuan
tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester. Kemudian seluruh nilai
dijumlah sehingga setiap peserta didik mendapat nilai rata-rata dalam satu mata
pelajaran, yang sesuai dengan standat ketuntasan belajar SMA ISLAM ABABIL.
b.
Setiap
peserta didik mempunyai raport dikelasnya masing-masing
Sesuai dengan ketentuan PP
19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan
pendidikan dasar dan menengan setelah:
a.
menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.
memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk
seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok
kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c.
lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata
pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d.
lulus Ujian Nasional.
e.
Dapat
menyanyikan 10 lagu Nasional
f.
Hafal
juz 30 (juzama)
g.
Mencapai
TOEFL untuk program IPA & IPS sebesar 450 dan kelas bahasa 500
h.
Mencapai
nilai TOAFL 7
- Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill)
Kelas
|
Materi
|
Kelas X
|
Pemrograman Komputer
|
Kelas XI
|
Multimedia dan internet
|
Kelas XII
|
Desain Grafis
|
- Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Kelas
|
Materi
|
Kelas X - XII
|
Bahasa Jawa
|
Pertanian
|
|
Perikanan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar