Minggu, 16 April 2017

PANDUAN PEMBUATAN STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH

BAB II
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikandalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut dibagi kedalam lima kelompok, yaitu
1.      Kelompok mata pelajaran Agama
2.      Kewargangaraan dan kepribadian
3.      Ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      Estetika
5.      Olahraga dan kesehatan jasmani
Struktur kurikulum SMA Islam Ababil meliputu substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai kelas IX

  1. TABEL STRUKTUR KURIKULUM  SMA ISLAM ABABIL
1.      Kelas X

K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
 A.  Mata Pelajaran


      1.   Pendidikan Agama Islam


            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
            c. Fikih
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
      4.   Bahasa Arab
2
2
      5.   Bahasa Inggris
4
4
      6.   Matematika
4
4
      7.   Fisika
2
2
      8.   Biologi
2
2
      9.   Kimia
2
2
    10.   Sejarah
1
1
    11.   Geografi
1
1
    12.   Ekonomi
2
2
    13.   Sosiologi
2
2
    14.   Seni Budaya
1
1
    15.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
    16.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
    17.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
 B.  Muatan Lokal *)


-          Bahasa Jawa
2
-
-          Pertanian
-
2
-          Perikanan
-
2
 C.  Pengembangan Diri **)


1.      Pramuka
2
2
2.      KIR


3.      Pencinta Alam


4.      Olahraga


a.       Basket


b.      Voli


c.       Futsal


d.      Bela Diri


e.       Tenis


f.       Badminton


5.      Jurnalistik


6.      Kesenian


a.       Seni Rupa


b.      Seni Music


c.       Seni Tari


7.      Qiro’ah


J u m l a h
46
46

Keterangan:
*)  Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan
ciri
       khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan
       kesempatan peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).





1.      Program IPA

K o m p o n e n
Alokasi Waktu

Kelas XI
Kelas XII

Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2

 A.  Mata Pelajaran





      1.   Pendidikan Agama Islam





            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2

            b. Akidah-Akhlak
2
2
1
1

            c. Fikih
2
2
2
2

            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
1
1

      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2

      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4

      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2

      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4

      6.   Matematika
4
4
6
6

      7.   Fisika
4
4
4
4

      8.   Kimia
4
4
4
4

      9.   Biologi
4
4
4
4

    10.   Sejarah
1
1
1
1

    11.   Seni Budaya
1
1
1
1

    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2

    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2

    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2

 B.  Muatan Lokal *)





-          Bahasa Jawa





-          Pertanian
2
2
-
-

-          Perikanan





C.  Pengembangan Diri **)
2
2
-
-

1.      Pramuka





2.      KIR





3.      Teater





4.      Olahraga





a.       Basket





b.      Voli





c.       Futsal





d.      Bela Diri





e.       Tenis





f.       Badminton





5.      Jurnalistik





6.      Kesenian





a.       Seni Rupa





b.      Seni Music





c.       Seni Tari





7.      Olimpiade





J u m l a h
46
46
44
44


Keterangan:
*)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
       potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).

**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
       peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
       satuan pendidikan (madrasah).














2.         Program IPS

K o m p o n e n
Alokasi Waktu

Kelas XI
Kelas XII

Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2

 A.  Mata Pelajaran





      1.   Pendidikan Agama Islam





            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2

            b. Akidah-Akhlak
2
2
2
2

            c. Fikih
2
2
2
2

            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
1
1

      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2

      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4

      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2

      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4

      6.   Matematika
4
4
4
4

      7.   Sejarah
2
2
2
2

      8.   Geografi
3
3
3
3

      9.   Ekonomi
6
6
6
6

    10.   Sosiologi
3
3
3
3

    11.   Seni Budaya
1
1
1
1

    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2

    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2

    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2

B.     Muatan Lokal *)





-    Bahasa Jawa
-
-
-
-

-    Pertanian
-
-
-
-

-    Perikanan
-
-
-
-

C.  Pengembangan Diri **)
2
2
-
-

1.      Pramuka





2.      KIR





3.      Pencinta Alam





4.      Olahraga





a.       Basket





b.      Voli





c.       Futsal





d.      Bela Diri





e.       Tenis





f.       Badminton





5.      Jurnalistik





6.      Kesenian





a.       Seni Rupa





b.      Seni Music





c.       Seni Tari





7.      Qiro’ah





J u m l a h
45
45
44
44


Keterangan:
*)  Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)

**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).

       




III. KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL SMA ISLAM ABABIL tahun pelajaran 2011 / 2012
K o m p o n e n
Ketuntasan Belajar

X
IPA
IPS

XI
XII
XI
XII

 A.  Mata Pelajaran






      1.   Pendidikan Agama Islam






a.       Al-Qur'an-Hadis
70
70
70
70
70

b.       Akidah-Akhlak
70
70
70
70
70

c.       Fikih
70
70
70
70
70

d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
67
67
67
67

      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
70
70
70
70
70

      3.   Bahasa Indonesia
72
72
72
72
72

      4.   Bahasa Arab
68
68
68
68
68

      5.   Bahasa Inggris
70
70
70
70
70

      6.   Matematika
67
67
67
67
67

      7.   Fisika
67
67
67
-
-

      8.   Biologi
68
68
68
-
-

      9.   Kimia
68
68
68
-
-

    10.   Sejarah
67
67
67
67
67

    11.   Geografi
70
-
-
70
70

    12.   Ekonomi
67
-
-
67
67

    13.   Sosiologi
70
-
-
70
70

    14.   Seni Budaya
70
70
70
70
70

    15.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
70
70
70
70

    16.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
72
72
72
72
72

    17.   Keterampilan Bahasa Asing
68
68
68
68
68

18. Keterampilan






 B.  Muatan Lokal *)
-          Bahasa Jawa
-          Pertanian
-          Perikanan
70
70
70
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

 C.  Pengembangan Diri **)










1.      Pramuka
B
-
-
-
-

2.      KIR
B
B
-
B
-

3.      Pencinta Alam
B
B
-
B
-

4.      Olahraga
B
B
-
B
-

a.       Basket
B
B
-
B
-

b.      Voli
B

B
-

B
-

c.       Futsal
B
B
-
B
-

d.      Bela Diri
B
B
-
B
-

e.       Tenis
B
B
-
B
-

f.       Badminton
B
B
-
B
-

5.      Jurnalistik
B
B
-
B
-

6.      Kesenian
B
B
-
B
-

a.       Seni Rupa
B
B
-
B
-

b.      Seni Music
B

-

-

c.       Seni Tari
B

-

-

7.      Qiro’ah
B





J u m l a h
1.524
1.174
1.174
1.178
1.178







1.             Kenaikan kelas dan kelulusan
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai berikut:
a.              Nilai rapot diambil dari nilai harian, nilai tugas (individu/kelompok), nilai ujuan tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester. Kemudian seluruh nilai dijumlah sehingga setiap peserta didik mendapat nilai rata-rata dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan standat ketuntasan belajar SMA ISLAM ABABIL.
b.             Setiap peserta didik mempunyai raport dikelasnya masing-masing

Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dasar dan menengan setelah:
a.              menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.             memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c.              lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d.             lulus Ujian Nasional. 
e.              Dapat menyanyikan 10 lagu Nasional
f.              Hafal juz 30 (juzama)
g.              Mencapai TOEFL untuk program IPA & IPS sebesar 450 dan kelas bahasa 500
h.             Mencapai nilai TOAFL 7


                                                                               
  1. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill)
Kelas
Materi
Kelas X
Pemrograman Komputer
Kelas XI
Multimedia dan internet
Kelas XII
Desain Grafis

  1. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Kelas
Materi
Kelas X - XII
Bahasa Jawa
Pertanian
Perikanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anak dalam Perspektif Al Qur'an

BAB I PENDAHULUAN A.        Latar Belakang Anak dalam perspektif Islam merupakan rahmat dari Allah yang diberikan kepada orang tua, d...