Bab
1
Objek dan Metode Psikologi Perkembangan
(Halaman 1 sampai 44)
Perkembangan psikologi merupakan
suatu proses yang dinamis. Dalam proses tersebut sifat individu dan sifat
lingkungan menentukan tingkah laku apa yang akan menjadi actual dan terwujud.
Psikologi kepribadian yaitu psikologi yang meneliti sifat-sifat perasaan
dan tingkah laku keseluruhan yang berbeda dengan orang-orang lain.
Psikologi perkembangan lebih mempersoalkan faktor-faktor yang umum yang
mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi di dalam diri pribadi yang khas.
Dalam psikologi perkembangan muncullah berbagai teori diantaranya teori:
biologis, lingkungan, psikodinamika, ilmu kerohanian, dan interaksionisme.
Havighurst mengemukakan bahwa perjalanan hidup seseorang ditandai oleh
adanya tugas-tugas yang harus dapat dipenuhi. Tugas ini dalam batas tertentu
bersifat khas untuk setiap masa hidup sesorang. Havighust menyebutnya sebagai
tugas perkembangan yaitu tugas yang harus dilakukan seseorang dalam masa hidup
tertentu sesuai dengan norma masyarakat dan norma kebudayaan.
Emansipasi merupakan suatu proses perkembangan yaitu untuk belajar
mengaktualisasikan diri bersama-sama dengan orang-orang lain yang ada dalam
situasi yang sama.
Metode psikologi perkembangan yaitu pendekatan umum dan spesifik. Untuk
pendekatan umum dibagi menjadi metode longitudinalvs transversal dan pendekatan
lintas budaya. Metode longitudinal adalah menyelidiki anak dalam jangka waktu
lama sedangkan transversal yaitu metode krosseksional diselidiki orangt-orang
atau kelompok orang dari tingkatan usia yang berbeda-beda. Metode lintas budaya
membuktikan bahwa motif prestasi banyak ditentukan oleh factor kultural atau
sub kultural.
Metode spesifik ada dua yaitu metode eksperimental dan non eksperimental.
Metode
eksperimen ada dua yaitu eksperimen murni dan eksperimen lapangan. Pada eksperimen
murni maka kontrol terhadap situasi lebih dapat dilakukan dengan baik dengan
memiliki hubungan antara suatu variabel dengan suatu gejala perkembangan lebih
dapat ditentukan. Eksperimen lapangan bertitik tolak dari situasi kehidupan
yang nyata sehingga hubungan antara variable dengan suatu gejala perkembangan
kurang dapat dilihat dengan pasti. Salah satu metode non ekperimental adalah
survey.
Untuk melakukan suatu penelitian hendaknya memakai multimetod dan
multitrait agar diperoleh data penelitian yang secermat mungkin dan paling
dapat dipercaya.
1.Judul Buku : Psikologi Perkembangan
2.Tahun Terbit : 2006
3.Penulis :
Prof. Dr. F.J.Monks
Prof. Dr. A.M.P.
Knoers
4.Penerjemah :
Prof. Dr. Siti Rahayu Haditono
5.Penerbit :
Gajahmada University Press
6.Alamat Penerbit :
Bulak Sumur, Yogyakarta
7.Jumlah Halaman : 425 halaman,
8 BAB
8.Cetakan : keenam belas
No.ISBN : 979-420-440-4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar