Jumat, 14 April 2017

Objek dan Metode Psikologi Perkembangan

Bab 1  
Objek dan Metode Psikologi Perkembangan
 (Halaman 1 sampai 44)
Perkembangan psikologi  merupakan suatu proses yang dinamis. Dalam proses tersebut sifat individu dan sifat lingkungan menentukan tingkah laku apa yang akan menjadi actual dan terwujud.
Psikologi kepribadian yaitu psikologi yang meneliti sifat-sifat perasaan dan tingkah laku keseluruhan yang berbeda dengan orang-orang lain.
Psikologi perkembangan lebih mempersoalkan faktor-faktor yang umum yang mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi di dalam diri pribadi yang khas.
Dalam psikologi perkembangan muncullah berbagai teori diantaranya teori: biologis, lingkungan, psikodinamika, ilmu kerohanian, dan interaksionisme.
Havighurst mengemukakan bahwa perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus dapat dipenuhi. Tugas ini dalam batas tertentu bersifat khas untuk setiap masa hidup sesorang. Havighust menyebutnya sebagai tugas perkembangan yaitu tugas yang harus dilakukan seseorang dalam masa hidup tertentu sesuai dengan norma masyarakat dan norma kebudayaan.
Emansipasi merupakan suatu proses perkembangan yaitu untuk belajar mengaktualisasikan diri bersama-sama dengan orang-orang lain yang ada dalam situasi yang sama.
Metode psikologi perkembangan yaitu pendekatan umum dan spesifik. Untuk pendekatan umum dibagi menjadi metode longitudinalvs transversal dan pendekatan lintas budaya. Metode longitudinal adalah menyelidiki anak dalam jangka waktu lama sedangkan transversal yaitu metode krosseksional diselidiki orangt-orang atau kelompok orang dari tingkatan usia yang berbeda-beda. Metode lintas budaya membuktikan bahwa motif prestasi banyak ditentukan oleh factor kultural atau sub kultural.
Metode spesifik ada dua yaitu metode eksperimental dan non eksperimental.   Metode eksperimen ada dua yaitu eksperimen murni dan eksperimen lapangan. Pada eksperimen murni maka kontrol terhadap situasi lebih dapat dilakukan dengan baik dengan memiliki hubungan antara suatu variabel dengan suatu gejala perkembangan lebih dapat ditentukan. Eksperimen lapangan bertitik tolak dari situasi kehidupan yang nyata sehingga hubungan antara variable dengan suatu gejala perkembangan kurang dapat dilihat dengan pasti. Salah satu metode non ekperimental adalah survey.

Untuk melakukan suatu penelitian hendaknya memakai multimetod dan multitrait agar diperoleh data penelitian yang secermat mungkin dan paling dapat dipercaya.
1.Judul Buku                            : Psikologi Perkembangan   
2.Tahun Terbit                         : 2006
3.Penulis                                    : Prof. Dr. F.J.Monks
  Prof. Dr. A.M.P. Knoers
4.Penerjemah                            : Prof. Dr. Siti Rahayu Haditono
5.Penerbit                                  : Gajahmada University Press
6.Alamat Penerbit                    : Bulak Sumur, Yogyakarta
7.Jumlah Halaman                   :  425 halaman,  8 BAB
8.Cetakan                                  :  keenam belas
            No.ISBN                                 :  979-420-440-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anak dalam Perspektif Al Qur'an

BAB I PENDAHULUAN A.        Latar Belakang Anak dalam perspektif Islam merupakan rahmat dari Allah yang diberikan kepada orang tua, d...