RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Madrasah : Mts. Nurul Huda Cilacap
Mata Pelajaran : Al-Qur’an-Hadist
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Pertemuan ke : 3
Standar Kompetensi : Menerapkan
hadits pilihan dalam kehidupan
sehari-hari tentang
tolong
menolong.
Kompetensi Dasar :
i.
Memahami isi kandungan Hadits tentang tolong menolong.
ii.
Menerapkan kandungan isi hadits tentang tolong-menolong dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator :
i.
Siswa dapat menyebutkan hadits tentang tolong-menolong.
ii.
Siswa dapat menyebutkan contoh perbuatan tolong-menolong.
iii.
Siswa dapat menuliskan hadits tentang tolong menolong di
bukunya dan atau di papan tulis depan.
iv.
Siwa dapat menyebutkan keterkaitan Hadits dalam kehidupan
sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran : Setelah
mempelajari Hadits ini siswa diharapkan mampu menerap-
kan
perbuatan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab.
Prosedur Pembelajaran :
No.
|
Waktu
Pembelajaran
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
1.
|
5
menit
|
a. Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran.
b. Siswa membuat kelompok-kelompok kecil dalam kelas.
c.
Guru menjelaskan pengertian tolong-menolong.
d.
Guru mempersilahkan beberapa peserta
didik untuk membaca Hadits tentang tolong-menolong.
|
2.
|
20
menit
|
-Strategi
Guided teaching
a.
Guru
menanyakan kepada siswa “ Apakah contoh tolong-menolong ?”.
b.
Beberapa
Siswa menyebutkan contoh
tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Guru
menuliskan jawaban-jawaban siswa di papan tulis.
|
3.
|
5
menit
|
-Strategi
Student Recap
a.
Guru
menjelaskan kepada siswa untuk belajar aktif.
b.
Kelompok
siswa membuat rangkuman tentang pelajaran tadi.
c.
Kelompok-kelompok
membacakan hasil pikiran mereka dalam kelas.
|
Media Pembalajaran : LCD, laptop, dan
buku ajar untuk MTs.
Sumber Belajar : Buku Paket Al-Quran Hadits Kelas VII, www.wikipedia.com
Penilaian Hasil Belajar :
a. Bentuk Penilaian
ü
Pengamatan
ü
Keaktifan Bertanya
ü
Tes tertulis
b. Prosedur Penilaian
ü
Penilaian awal
ü
Penilaian dalam proses
ü
Tes akhir
c. Jenis Penilaian
ü
Penilaian awal dilakukan dengan lisan
ü
Penilaian dalam proses dilaksanakan dalam proses
pembelajaran
ü
Penilaian akhir diberikan secara tertulis (ulangan
harian).
Mengetahui
Kepala MTs N Pakem
|
Sleman, 26 Desember 2016
Guru Mata Pelajaran
|
Lampiran Tes Tertulis
1. Apa pengertian Tolong-menolong?
Jawaban : Perbuatan
membantu kepada sesama manusia yang membutuhkan bantuan.
2. Sebutkan Hadits
tentang tolong menolong.
Jawaban :
3. Berikan contoh perbuatan yang termasuk bentuk tolong-menolong
Jawaban : menolong
nenek menyebrang jalan, menolong korban banjir, membantu difable menemukan
ruang kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar