RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Satuan Pendidikan : MTs
(Madrasah Tsanawiyah)
Mata Pelajaran : AL-Hadist
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami Hadist-Hadist
pilihan.
Kompetensi Dasar : 1.1
Memahami
Hadist tentang berbuat baik kepada sesama.
Indikator : 1.1.1 Mampu membaca Hadist
tentang berbuat baik kepada sesama.
: 1.1.2 Mampu
menyebutkan perbuatan baik yang dilakukan kepada sesama.
: 1.1.3 Mampu
menyebutkan perbuatan buruk yang tidak boleh dilakukan kepada sesama.
: 1.1.4
Mampu menyebutkan sanad Hadist tentang berbuat baik kepada sesama.
Alokasi Waktu : 1
x 45
menit
(1 x pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa
dapat membaca Hadist tentang
berbuat baik kepada sesama.
2. Siswa dapat menyebutkan perbuatan baik
yang dilakukan kepada sesama.
3. Siswa dapat menyebutkan perbuatan
buruk yang tidak boleh dilakukan kepada sesama.
4. Siswa dapat menyebutkan sanad Hadist
tentang berbuat baik kepada sesama.
A. Materi
Pembelajaran
حَدَّ ثَنَا بِذَ لِكَ اِبْرَا هِيْمُ بْنُ سَعِيْدٍ
الْجَوْهَرِيُّ. حَدَ ثَنَا اَبُوْاُسَامَةَعَنْ بُرَيْدِيْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ
اَبِيْ بُرْ دَةَ عَنْ جَدِّهِ اَبِيْ بُرْدَةَعَنْ اَبِيْ مَوِسَي اَلاشْعَرِ يَّ
اَنَّ التَّبيَّ صَلَّئ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ سُلَ: اَيُّ المُسْلِمِيْنَ
اَفْضَلُ ؟ قَالَ: مَنْ سَلِمَ المُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ
Artinya: Telah
bercerita kepada kami tentang hal tersebut, Ibrahim bin Said al Jauhari,
bercerita kepada kami Abu Usamah dari Buraid bin Abdillah bin Abi Burdah dari
kakeknya Abi Burdah dari Abu Musa al Asy’ari bahwasanya Nabi Muhammad ditanya:
Bagaimanakah seorang Muslim yang paling utama? Rosul berkata seorang Muslim
yang memberi rasa aman dari bahaya lisan dan tangannya. (H.R. Tirmidzi)
B. Metode
Pembelajaran
1. Tanya Jawab
Siswa
mengadakan tanya jawab tentang Hadist
tentang berbuat baik kepada sesama.
2. Diskusi
Siswa mengadakan
diskusi dengan teman sekelas tantang Hadist tentang berbuat baik kepada sesama.
3. Praktek
Siswa
mempraktikkan membaca Hadist
tentang berbuat baik kepada sesama.
C. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Jenis kegiatan pembelajaran
|
Langkah-langkah dalam proses belajar mengajar
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
a.
Memberi salam memulai pelajaran dengan
membaca Basmalah dan berdo’a.
b.
Melakukan
tanya jawab mengenai Hadist berbuat baik kepada sesama.
c.
Menyampaikan
kompetensi apa yang harus dicapai siswa.
d.
Meminta
siswa untuk menyiapkan buku pelajaran Al-Hadist.
e.
Menjelaskan
materi mengenai Hadist berbuat baik kepada sesama.
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
a.
Menunjuk seorang siswa untuk membaca Hadist berbuat baik kepada sesama.
b.
Dengan
bimbingan guru siswa membaca Hadist berbuat baik kepada sesama.
c. Melakukan kegiatan pembelajaran dengan strategi Keep on Learning :
1. Siswa membentuk kelompok yang
terdiri dari 4 kelompok
2. Bersama
kelompoknya siswa mendiskusikan materi Iman kepada kitab Alloh
3. Siswa
menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
4. Hasil
pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
5. Kelompok lain dan guru menilai
presentasi pada lembar penilaian
6. Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
7. Guru
menentukan hasil kerja kelompok terbaik
|
3.
|
KegiatanPenutup
|
a.
Memberikan konfirmasi kepada siswa
berupa :
1.
Model pembelajaran yang telah dilakukan, menarik atau tidak.
2. Materi apa yang telah diperbincangkan.
b.
Mengajukan
pertanyaan ulang seputar Hadist berbuat baik kepada sesama.
c.
Siswa
bersama-sama membaca Hadist tentang berbuat
baik kepada sesama sebagai penutup kegiatan pembelajaran.
|
D. Sumber
PEMBelajarAN
1.
Buku pelajaran Al-Hadist kelas VII.
2.
Buku-buku lain yang relevan.
E. MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Kartu Indeks/Sort
Card. (tergantung strateginya)
2. Materi yang didiskusikan.
3.
Lembar penilaian siswa.
4.
Lembar pengamatan diskusi siswa.
F. Instrumen
1.
Tabel perbuatan baik yang
boleh dilakukan kepada sesama.
2.
Tabel perbuatan buruk yang
tidak boleh dilakukan untuk sesama.
3.
Peta Konsep sanad Hadist tentang berbuat baik kepada sesama.
G. Penilaian 1
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan pengertian Iman kepada kitab
Allah
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian iman
kepada kitab Allah
|
Menyebutkan
kitab-kitab Allah besrta Nabi yang
menerimanya
|
Tulis Tulis
|
Uraian
|
Sebutkan kitab-kitab Alloh beserta para Nabi
yang menerimanya
|
Membedakan cara mengimani masing-masing kitab
|
Tugas kelompok
|
Tugas kelompok
|
Jelaskan perbedaan cara dalam mengimani masing-masing kitab
|
Memilih sikap untuk menjadikan kitab-kitab Allah sebagai pedoman hidup
|
Skala sikap
|
Uraian
|
Bagimana Memilih sikap untuk menjadikan
kitab-kitab Allah sebagai pedoman hidup
|
H. Penilaian 2
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Ketepatan peta konsep tentang pengertian Iman
kepada kitab Allah
|
|
|
|
Ketepatan peta konsep tentang kitab-kitab Allah besrta Nabi yang
menerimanya
|
|
|
|
Ketepatan peta konsep tentang cara mengimani
masing-masing kitab
|
|
|
|
Ketepatan peta konsep tentang Memilih sikap
untuk menjadikan kitab-kitab Allah sebagai pedoman hidup
|
|
|
|
Keterangan Skor :
1. Kurang
2. Cukup
3. Baik
I. Penilaian 3
Nama Kelompok
|
Keindahan Peta
Konsep
|
Kelengkapan Peta
Konsep
|
Kerapihan Peta
Konsep
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = skor yang dicapai x 100

J.
RubRik Penilaian Diskusi
Nama :
Kelompok :
Kelas :
No
|
Aspek Penilaian
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
Tema
|
Guru
|
Total Skor
|
Nilai
|
|
Penalaran
|
Komunikasi lesan
|
§
Komunikatif
§
Ketepatan jawaban
|
1
1
|
|
|
|
|
Komunikasi tulis
|
§
Mudahdi pahami
§
Ketepatan jawaban
|
1
2
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Zainal.
NIP.
|
Yogyakarta, 20 Desember
2014
Guru Mata Pelajaran
Al-Hadist
Arif, M.Ag.
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar