RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A.
IDENTITAS
Nama Sekolah :
MTs Sudirman
Mata Pelajaran :
Al Hadis
Kelas
/ Semester : VIII / II
Materi
Pokok : Hadits tentang adab jangan mudah marah riwayat Bukhori
Alokasi Waktu :
1x40 menit
Standar
Kompetensi : Peserta didik dapat mengetahui, memahami, dan
menerapkan Hadits-hadits Rāsulullah SAW.
Kompetensi
Dasar :Peserta didik dapat mengetahui,
memahami dan menerapkan hadits tentang jangan mudah marah
riwayat Bukhori.
Indikator :
1.
Peserta didik mampu menjelaskan asbabul
nuzulnya hadis tersebut.
2.
Peserta didik mampu menghafal hadis tersebut.
3.
Peserta didik mampu menulis hadits tersebut.
4.
Peserta didik mampu menguraikan isi
kandungan hadis tersebut.
5.
Peserta didik mampu menjelaskan hal yang
harus dilakukan ketika marah.
6.
Peserta didik mampu menerapkan hadis
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
B. TUJUAN
Dengan metode dan strategi yang digunakan diharap mampu
menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberi kemudahan bagi peserta didik
dalam menghafal, menulis, dan
menjelaskan hadits
tentang jangan mudah marah riwayat Bukhori serta dapat mengaplikasikan hakekat
dari hadits tersebut.
C. MATERI
1.
Hadits tentang adab jangan mudah marah
riwayat Bukhori
حَدَّثَنِي
يَحْيَ بْنُ يُوْسُفَ : أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ, هُوَابْنُ عَيَّاشٍ, عَنْ
أَبِي حَصِيْنٍ, عَنْ أَبِي صَالِحٍ, عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ:
أَنْ رَجُلا قَالَ لِلنَّبِي, صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اَوْصَنِي, قَالَ:
<< لَا تَغْضَبْ >>. فَرَدَّدَ مَرَارًا, قَالَ: << لَا
تَغْضَبْ >>. (طرفه في: 3282)
Artinya:
“Menceritakan kepadaku, Yahya bin Yusuf: Dikabarkan kepada kami Abu Bakar, dia
Ibnu Ayyas, dari Abu Hasin, dari Abu Salih, dari Abu Hurairah r.a, ada seorang
laki-laki berkata kepada Nabi SAW, “Berilah aku wasiat”. Rasulullah SAW
bersabda, “Jangan marah!” Dia bertanya berulang-ulang dan tetap dijawab,
“Jangan marah!”(HR. Bukhori)
2.
Penjelasan tentang asbabul nuzul dan isi
kandungan hadis tersebut.
3.
Penjelasan tentang terapi ketika
menghadapi kemarahan.
D. METODE PEMBELAJARAN
Metode Ceramah, Strategi Reading Aloud,
Metode Diskusi dan Tanya Jawab, Strategi
The Power of Two, Metode Tanya
Jawab, Tetaplah
Belajar.
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta didik
|
Alokasi Waktu
|
Bagian awal
|
1.
Guru memberi salam pembuka
2.
Guru memimpin berdoa
3.
Guru mengabsen dan menanyakan keadaan Peserta
didik
4.
Guru memberi pengantar pembelajaran Hadits tentang
adab jangan mudah marah riwayat Bukhori.
|
1.
Peserta didik menjawab salam
2.
Peserta didik berdoa
3.
Peserta didik memberikan informasi tentang
kehadiran teman-temannya dan keadaannya
4.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang
hadits adab jangan mudah marah riwayat Bukhori.
|
10 menit
|
Bagian inti
|
1.
Guru memimpin membaca hadits tersebut
2.
Guru memerintah Peserta didik untuk menulis hadits
tersebut
3.
Guru memberi
intruksi untuk membaca ulang secara bersama hadits tersebut
4.
Guru melakukan hal tersebut beberapa kali hingga
Peserta didik menghafal hadits
5.
Guru memerintahkan kepada peserta
didik untuk berpasang-pasangan
6.
Guru membagikan topic yang akan
didiskusikan
7.
Guru memerintahkan peserta didik
untuk mendiskusikan topic tersebut.
8.
Guru memerintah
Peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya
9.
Setelah semua
kelompok selesai, guru bersama Peserta didik menyimpulkan pelajaran
|
1.
menirukan dalam membaca hadits tersebut
2.
Peserta didik menulis hadits tersebut
3.
Peserta didik membaca secara bersama-sama
4.
Peserta didik mengikuti instruksi dari guru
5.
Peserta didik mencari pasangannya
6.
Peserta didik menerima topic yang dibagikan
7.
Peserta didik berdiskusi
8.
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusinya
|
20 menit
|
Bagian akhir
|
1.
Guru mengemukakan harapan agar peserta didik tidak
berhenti belajar
2.
Guru menceritakan suatu cerita teladan agar
peserta didik termotivasi
3.
Setelah selesai guru meminta peserta didik untuk
menyampaikan gagasannya
4.
Guru memberikan
kesempatan untuk bertanya
5.
Guru memimpin doa
penutup
6.
Guru memberi
salam penutup
|
1.
Peserta didik
memperhatikan guru
2.
Peserta didik mendengarkan
cerita
3.
Peserta didik menyampaikan gagasannya
4.
Peserta didik
bertanya
5.
Peserta didik
berdoa
6.
Peserta didik
menjawab salam
|
10 menit
|
F. SARANA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Kertas
2.
Pulpen/ alat tulis
3.
Laptop
4.
Papan tulis dan
spidol
5.
Mahmud Muhammad Nassar, Sahih Al Bukhori, (Lebanon: Dar Al Kotob, 2009), Hal. 1122.
|
6.
Ringkasan Syarah Arba’in An-Nawawi-Syaikh Shalih
Hafizhulloh- http://muslim.or.id
7.
Melvin L.
Silberman, Active Learnning 101 Cara
Belajar siswa Aktif, (Bandung : Nusa Media, 2006),
halm152-153, 173-174, 281-282
|
G. PENILAIAN
1.
Partisipasi aktif dalam pembelajaran dan kinerja individu.
2.
Presentasi dan kerjasama kelompok.
Yogyakarta,
30 Desember
2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Dr. ARIF AMIN M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar