RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA Negeri
Maguwoharjo Sleman
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : XII
(Dua Belas) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 x 20
Menit
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami sumber hukum Islam
Menjelaskan
sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama
KOMPETENSI DASAR
1.. Menjelaskan
sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama
INDIKATOR PENCAPAIAN
· Menjelaskan fungsi dan kedudukan al-Qur’an sebagai sumber hukum
yang disepakati
· Menjelaskan fungsi dan kedudukan al-Sunnah sebagai sumber hukum
yang disepakati
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Mencermati
Al-Qur’an sebagai Sumber hukum Islam pertama
·
Menjelaskan
Al-Qur’an sebagai Sumber hukum Islam pertama
·
Mendiskusikan
Al-Qur’an sebagai Sumber hukum Islam pertama
·
Mencermati
Hadits sebagai Sumber hukum Islam kedua
·
Menjelaskan
Hadits sebagai Sumber hukum Islam kedua
·
Mendiskusikan
Hadita sebagai Sumber hukum Islam kedua
·
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Al-Qur’an
sebagai Sumber hukum Islam pertama
·
Hadits
sebagai Sumber hukum Islam kedua
METODE
PEMBELAJARAN
·
Inkuiri
(penemuan)
·
Demonstrasi
·
Diskusi
·
Tanya
Jawab
SUMBER BELAJAR
·
Buku
Materi Fiqih Madrasah Aliyah (MA) Kelas XII , Kerjasama Direktorat
Diktis Kementerian Agama RI dengan Institut Islam Nahdhatul ‘Ulama (INISNU)
Jepara, 2011.
·
Buku
Ilmu Ushul Fiqh , Prof. Abdul Wahhab Khallaf, Semarang : Dina Utama.
·
Ilmu
Hadits untuk Pemula, Irham
Khumaidi, Jakarta : CV Artha Rivera.
·
LKS
Fiqih Madrasah Aliyah kelas XII.
·
Buku-buku
lain yang relevan.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal
Ø Siswa memulai pelajaran dengan menjawab salam dari Guru kemudian
membaca bacaan basmalah
Ø Guru mengecek kehadiran dan kesiapan siswa
Ø Guru menanyakan sampai di manakah materi yang telah diajarkan
Ø Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Ø Siswa membagi diri menjadi empat kelompok, dua kelompok tentang
materi Al-Qur’an dan dua kelompok tentang materi hadits
Ø Masing-masing kelompok membaca literatur tentang Al-Qur’an pada
kelompok satu dan tiga serta Hadits pada kelompok dua dan empat
Ø Masing-masing anggota kelompok saling berdiskusi tentang Al-Qur’an
di kelompok satu dan tiga serta Hadits di kelompok dua dan empat
Elaborasi
Ø Perwakilan dari setiap anggota kelompok membuat peta konsep
Ø Perwakilan dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
berdasarkan peta konsep yang telah dibuatnya
Konfirmasi
Ø Guru menjelaskan tentang hasil presentasi yang telah dilakukan oleh
masing-masing kelompok
Ø Guru menambahi bila ada hal-hal yang kurang tentang materi yang
sudah dipresentasikan oleh setiap kelompok
3.
Kegiatan
Akhir
Ø Siswa membuat kesimpulan tentang Sumber Hukum Islam yaitu Al-Qur’an
dan Hadits
Ø Guru menginformasikan bahwa materi yang akan disampaikan berikutnya
yaitu tentang Ijma’ dan Qiyas
Ø Pelajaran ditutup dengan membaca bacaan tahmid dan diakhiri dengan
salam
PENILAIAN
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
Skor
|
1.Menyebutkan
pengertian Al-Qur’an
|
Tes Tertulis
|
Soal Uraian
|
Jelaskan
pengertian Al-Qur’an menurut bahasa dan istilah !
|
10
|
2.Menjelaskan
ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menerangkan tentang kehujjahan Al-Qur’an
|
Penugasan
|
Tugas
|
Jelaskan maksud
dari ayat berikut !
|
10
|
3.Menjelaskan
macam-macam Sunnah
|
Penugasan
|
Tugas
|
Sebutkan
macam-macam Sunnah dan berikanlah pengertiannya !
|
10
|
4.Menjelaskan
penggolongan hadits
|
Penugasan
|
Tugas
|
Sebutkan macam-macam
hadits dan pengertiannya ditinjau dari banyaknya perawi hadits !
|
10
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
40
|
Nilai =
x 100

Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
NAMA
|
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Kerjasama
|
Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Sangat
baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang
Sapen,
7 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
Drs. ARIF M.Pd
NIP : 196605131993031003
|
|
Guru Mata
Pelajaran SKI
AMIN, M.Pd.I
NIM : 10410055
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar