LAMPIRAN
A. MATERI AJAR
Kemunduran dan Keruntuhan Dinasti Mughal
Tanda-tanda
kemunduran sudah terlihat dari indikator sebagai berikut:
a. Internal: Tampilnya sejumlah penguasa lemah, terjadinya
perebutan kekuasaan, dan lemahnya kontrol pemerintah pusat.
b. Eksternal:
terjadinya pemberontakan dimana-mana dan invasi inggris melalui EIC (East India
Company).
Dominasi
Inggris diduga merupakan pendorong
kehancuran Dinasti Mughal. Pada waktu itu EIC mengalami kerugian. Untuk
menutupi kerugian kebutuhan kerajaan, EIC mengadakan pungutan yang tinggi dan
secara kasar. Sehingga banyak rakyat Islam maupun Hindu mengadakan
pemberontakan.
Mereka
meminta Bahadur Syah untuk menjadi lambang perlawanan, sehingga terjadilah
perlawanan rakyat India terhadap Inggris tahun 1857. Namun perlawanan mereka
dapat dipatahkan dengan mudah oleh Inggris. Kemudian Inggris menjatuhkan
hukuman yang kejam terhadap pemberontak. Mereka diusir dari delhi, dan Bahadur
Syah, raja terakhir Mughal diusir dari istana pada tahun 1858. Dengan demikian
berakhirlah Dinasti Mughal di India.
Beberapa faktor yang menyebabkan
Dinasti Mughal mengalami kemunduran dan membawa kehancuran:
a) Terjadi
stagnasi dalam pembinaan kekuatan militer sehingga oprasi militer Inggris di wilayah-wilayah
pantai tidak dapat dipantau oleh maritim Mughal.
b) Kemerosotan
moral dan hidup mewah dikalangan elite politik, yang mengakibatkan pemborosan
dalam penggunaan uang negara
c) Pendekatan
Aurangzeb yang kurang ramah terhadap kebijakan agama, sehingga konflik antar
agama sukar diatasi oleh raja-raja sesudahnya.
d) Semua
pewaris tahta kerajaan pada paro terakir adalah orang-orang yang lemah dalam
hal kepemiminan.
B. SOAL

![]() |

![]() |

D.
EVALUASI SIKAP
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Saya senang
membaca buku SKI
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
2
|
Tidak semua
orang harus belajar SKI
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
3
|
Saya jarang
bertanya pada guru tentang pelajaran SKI
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
4
|
Saya tidak
senang pada tugas pelajaran SKI
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
5
|
Saya berusaha
mengerjakan soal-soal SKI sebaik-baiknya
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
6
|
SKI penting
untuk semua peserta didik
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
E. INSTRUMRN PENILAIAN
No
|
NAMA SISWA
|
Karakter
|
Hasil
Diskusi Maks 15
|
Nilai tes Maks 70
|
Nilai
Akhir
|
|||
1
|
2
|
3
|
Skor sikap maks 15
|
|||||
1
|
Agus Munir
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Arya
Supriyadi
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ahmad Sri
Murtanto
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Azah
Mutrovina
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Diyah
Puspitasari
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1. Rasa ingin tahu
2.
Aktif
3.
Disiplin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar