Jumat, 14 April 2017

Anak Pra Sekolah dan Anak Sekolah

Anak Pra Sekolah dan Anak Sekolah
 (Halaman 176 sampai 257)
Pada saat anak umur 6 tahun maka keseimbangan badannya relative berkembang baik, anak makin dapat menjaga keseimbangan badannya, dan berkembang visio motoriknya,
Anak biasanya berusaha untuk menjadi anggota suatu kelompok (TK-SD). Interaksi dengan teman sebaya itu merupakan awal mula hubungan persahabatan. Siaftnya yaitu saling pengertian, saling membantu, saling percaya, dan saling menghargai dan saling menerima.                                 
Anak itu pada dasrnya mempunyai dorongan motifasi dan dorongan tersebut hendaknya mendapat stimulasi bila kita akan menyambut dorongan manipulasi dan eksplorasi anak.
Factor-faktor biologis merupakan dasar bagi perkembangan tingkah laku spesifik jenis kelamin. Proses belajar social sejak awal telah menyumbang pada kenyataan bahwa identitas kelamin terjadi melalui norma-norma social yaitu melalui penilaian apa yang baik atau yang tidak baik bagi anak.
Proses belajar dalam tingkah laku moral memegang peranan yang penting, tetapi juga proses perkembangan kognitif memberikan pengaruh yang besar akan sifat perkembangan tingkah laku moral.                                                                                                                                                                          
Kognisi, perkembangan pikir dan pengenalan, membuat setiap anak mengatur dunia sekeliling dengan caranya sendiri-sendiri.
Menurut Piaget pertumbuhan mental mengandung 2 macam proses yaitu perkembangan dan belajar. Perkembangan adalah perubahan structural dan belajar adalah perubahan isi. Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu pemasakan, pengalaman, transmisi social, dan equilibrasi. Semua orang dalam konteks budaya apapun akan menjalani 4 stadium itu. Hanya kecepatan yang membedakannya.

Kecerdasan tinggi belum tentu menjamin keberhasilan di sekolah. Hal ini  juga berlaku bagi cerdas tinggi kreatif.program-program yang bersifat individual sangat baik untuk merealisasi perkembangan kemandirian individu. Program ini mementingkan akan kecepatan belajar anak indivial yang akhirnya menentukan kemajuan belajarnya. Dasar pandangannya yaitu perkembangan individu.
1.Judul Buku                            : Psikologi Perkembangan   
2.Tahun Terbit                         : 2006
3.Penulis                                    : Prof. Dr. F.J.Monks
  Prof. Dr. A.M.P. Knoers
4.Penerjemah                            : Prof. Dr. Siti Rahayu Haditono
5.Penerbit                                  : Gajahmada University Press
6.Alamat Penerbit                    : Bulak Sumur, Yogyakarta
7.Jumlah Halaman                   :  425 halaman,  8 BAB
8.Cetakan                                  :  keenam belas
            No.ISBN                                 :  979-420-440-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anak dalam Perspektif Al Qur'an

BAB I PENDAHULUAN A.        Latar Belakang Anak dalam perspektif Islam merupakan rahmat dari Allah yang diberikan kepada orang tua, d...