Anak Pra Sekolah dan Anak Sekolah
(Halaman 176 sampai 257)
Pada saat anak umur 6 tahun maka keseimbangan badannya relative
berkembang baik, anak makin dapat menjaga keseimbangan badannya, dan berkembang
visio motoriknya,
Anak biasanya berusaha untuk menjadi anggota suatu kelompok (TK-SD).
Interaksi dengan teman sebaya itu merupakan awal mula hubungan persahabatan.
Siaftnya yaitu saling pengertian, saling membantu, saling percaya, dan saling
menghargai dan saling menerima.
Anak itu pada dasrnya mempunyai dorongan motifasi dan dorongan tersebut
hendaknya mendapat stimulasi bila kita akan menyambut dorongan manipulasi dan
eksplorasi anak.
Factor-faktor biologis merupakan dasar bagi perkembangan tingkah laku
spesifik jenis kelamin. Proses belajar social sejak awal telah menyumbang pada
kenyataan bahwa identitas kelamin terjadi melalui norma-norma social yaitu
melalui penilaian apa yang baik atau yang tidak baik bagi anak.
Proses belajar dalam tingkah laku moral memegang peranan yang penting,
tetapi juga proses perkembangan kognitif memberikan pengaruh yang besar akan
sifat perkembangan tingkah laku moral.
Kognisi, perkembangan pikir dan pengenalan, membuat setiap anak mengatur
dunia sekeliling dengan caranya sendiri-sendiri.
Menurut Piaget pertumbuhan mental mengandung 2 macam proses yaitu
perkembangan dan belajar. Perkembangan adalah perubahan structural dan belajar
adalah perubahan isi. Proses perkembangan dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu
pemasakan, pengalaman, transmisi social, dan equilibrasi. Semua orang dalam
konteks budaya apapun akan menjalani 4 stadium itu. Hanya kecepatan yang
membedakannya.
Kecerdasan tinggi belum tentu menjamin keberhasilan di sekolah. Hal
ini juga berlaku bagi cerdas tinggi
kreatif.program-program yang bersifat individual sangat baik untuk merealisasi
perkembangan kemandirian individu. Program ini mementingkan akan kecepatan
belajar anak indivial yang akhirnya menentukan kemajuan belajarnya. Dasar
pandangannya yaitu perkembangan individu.
1.Judul Buku : Psikologi Perkembangan
2.Tahun Terbit : 2006
3.Penulis :
Prof. Dr. F.J.Monks
Prof. Dr. A.M.P.
Knoers
4.Penerjemah :
Prof. Dr. Siti Rahayu Haditono
5.Penerbit :
Gajahmada University Press
6.Alamat Penerbit :
Bulak Sumur, Yogyakarta
7.Jumlah Halaman : 425 halaman,
8 BAB
8.Cetakan : keenam belas
No.ISBN : 979-420-440-4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar