Sabtu, 15 April 2017

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SKI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

A. IDENTITAS
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonogiri
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : XI / I
Tahun Ajaran : 2012/2013
Materi Pokok : Kemunduran Dinasti Mughal
Alokasi Waktu : 1x20 menit
KKM : 75
B. STANDAR KOMPETENSI :
Peserta didik  mampu memahami pertumbuhan, perkembangan, dan keruntuhan tiga kerajaan besar pasca Abbasiyah.
C. KOMPETENSI DASAR :
Peserta didik mampu menjelaskan kemunduran dinasti mughal
D. INDIKATOR :
Peserta didik mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab kemunduran dinasti mughal
E. KARAKTER
Rasa ingin tahu, aktif, disiplin.
F. TUJUAN
Dengan metode dan strategi yang digunakan diharap mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberi kemudahan bagi peserta didik dalam menyebutkan dan menjelaskannya faktor-faktor penyebab kemunduran dinasti mughal.
G. MATERI
1. Faktor-faktor penyebab kemunduran dinasti mughal beserta penjelasannya.
H. PENDEKATAN/ METODE/ STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :  Sosial historis dan Rasional
2. Metode :  Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
3. Strategi :   Everyone Is Teacher Here, Reading Aloud, Go To Your Post, Tetaplah Belajar.
I. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Bagian Kegiatan Guru Kegiatan Peserta didik Alokasi Waktu
Awal 1. Guru memberi salam pembuka
2. Guru mengabsen dan menanyakan keadaan Peserta didik


3. Guru memberi pengantar pembelajaran 1. Peserta didik menjawab salam
2. Peserta didik memberikan informasi tentang kehadiran teman-temannya dan keadaannya
3. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru 2 menit
Inti 1. Guru bertanya kepada peserta didik dengan strategi everyone is teacher here.
2. Guru menjelaskan materi.

3. Guru memerintah Peserta didik untuk menulis kata kunci dalam penjelasan Guru
4. Guru menggunakan strategi Go to your post
5. Guru memerintahkan peserta didik untuk mendiskusikan topic tersebut.
6. Guru memerintahkan Peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusinya
7. Guru memberikan umpan balik positif dan memberikan konfirmasi. 1. Peserta didik menjawab pertanyaan guru


2. Peserta didik memperhatikan penjelasan Guru
3. Peserta didik menulis kata kunci.



4. Peserta didik mengikuti instruksi guru

5. Peserta didik berdiskusi




6. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya
15 menit
Akhir 1. Guru mengemukakan harapan agar peserta didik tidak berhenti belajar
2. Setelah selesai guru meminta peserta didik untuk menyampaikan gagasannya
3. Guru memberikan kesempatan untuk bertanya
4. Guru memimpin doa penutup
5. Guru memberi salam penutup 1. Peserta didik memperhatikan guru



2. Peserta didik menyampaikan gagasannya


3. Peserta didik bertanya

4. Peserta didik berdoa

5. Peserta didik menjawab salam 3 menit

J. SARANA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Kertas
2. Pulpen/ alat tulis
3. Laptop
4. Papan tulis dan spidol
5. K. Ali, Sejarah Islam (Tarikh Pra modern), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
6. M. Abdul Karim, Islam Di Asia Tengah, Yogyakarta: Bagaskara, 2006. 7. M. Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009.
8. Melvin L. Silberman, Active Learnning 101 Cara Belajar siswa Aktif, Bandung : Nusa Media, 2006

K. PENILAIAN
1. Teknik : Lisan
2. Bentuk Instrumen : Tugas kelompok & pengamatan
L. SOAL
1. Tes lisan
a. Di antara faktor penyebab kemunduran dinasti Mughal adalah faktor internal yaitu adanya perebutan kekuasaan. Benar / Salah
b. Saat India melakukan perlawanan terhadap Inggris Aurangzeb dijadikan sebagai lambang perlawanan oleh rakyat India. Benar / Salah


2. Tugas kelompok
a. Ungkapkan gagasan dari salah satu faktor penyebab kemunduran dinasti Mughal dan kaitkan dengan fenomena yang terjadi sekarang.

Yogyakarta, 19 Desember 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah     Guru


  Dr. AMIN, M. Ag. ARIF, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anak dalam Perspektif Al Qur'an

BAB I PENDAHULUAN A.        Latar Belakang Anak dalam perspektif Islam merupakan rahmat dari Allah yang diberikan kepada orang tua, d...