Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama
Sekolah : MTs N
Pakem
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an
Materi : Kepedulian
sosial
Kelas/Semester : VIII/1
Pertemuan Ke : 3
Standar
Kompetensi : Menerapkan
surat-surat pendek pilihan pada Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari tentang
kepedulian
sosial.
KompetensiDasar : 1. Memahami
isi kandungan QS. Al-Kautsar dan Al-Maa’un tentang kepedulian sosial.
2. Memahami
keterkaitan isi kandungan QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un tentang kepedulian sosial dalam fenomena
kehidupan.
Indikator : 1.
Peserta didik dapat membaca dan menghafal QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un dengan baik
dan benar.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi
kandungan QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un.
3. Peserta didik dapat mengaitkan kandungan QS
Al-Kautsar dan Al-Maa’un dengan
Kepedulian
sosial.
4. Peserta didik dapat menerapkan kehidupan
berkepedulian sosial dalam
kehidupan sehari-hari.
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik mampu berempati dengan
menyisihkan sebagian uang sakunya sebagai wujud rasa kepedulian sosial.
Waktu : 40 menit
Metode
Pembelajaran : Ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan praktek.
Prosedur
Pembelajaran :
No.
|
Waktu
|
Aktivitas Pembelajaran
|
1
|
5 menit
|
a.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
b.
Guru menjelaskan
pengertian kepedulian sosial
c.
Guru menunjuk
beberapa peserta didik untuk membaca QS Al-Kautsar dan QS Al-Ma’un
|
2
|
25
menit
|
Guru menjelaskan pentingnya
kepedulian sosial dalam kehidupan dengan strategi Meet The Guest dan
Planting Question yakni:
a. Guru memutar video bencana
merapi tahun 2010 untuk mengingatkan kembali tragedi merapi
b. Guru mempersilahkan tamu,
dimana tamu tersebut adalah korban bencana merapi 2010
c. Guru memperkenalkan tamu tersebut kepada peserta didik
d. Guru melempar pertanyaan kepada tamu tersebut sebagai
stimulus bagi peserta didik
e. Tamu tersebut dipersilahkan untuk menceritakan
pengalamannya waktu bencana merapi
f. Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya kepada
tamu tersebut
g. Guru mempersilahkan kepada tamu tersebut untuk memberi
pesan atau nasehat kepada peserta didik
|
3
|
10 menit
|
Guru menggunakan
strategi Class Photo dalam menyimpulkan materi kepedulian sosial,
yakni dengan langkah-langkah:
a.
Guru meminta
peserta didik untuk menyampaikan pesan maupun kesan terhadap pemaparan cerita
dari tamu tersebut
b.
Guru meminta kepada
peserta didik untuk menyisihkan sebagian uang sakunya sebagai wujud rasa
kepedulian sosial
c.
Guru memberikan
kesempatan kepada seluruh peserta didik untuk foto bareng dengan tamu
d.
Guru merefleksikan
tujuan kepedulian sosial kepada peserta didik
|
Media Pembelajaran : LCD, laptop,
dan buku ajar untuk MTs.
Sumber Belajar : Buku
Paket Al-Quran Hadits Kelas VIII, Al-Quran dan Terjemahannya, www.youtube.com
Penilaian Hasil Belajar :
a. Bentuk Penilaian
-
Pengamatan
-
Keaktifan Bertanya
-
Tes tertulis
b. Prosedur Penilaian
-
Penilaian awal
-
Penilaian dalam proses
-
Tes akhir
c. Jenis Penilaian
-
Penilaian awal dilakukan dengan lisan
-
Penilaian dalam proses dilaksanakan dalam proses
pembelajaran
-
Penilaian akhir diberikan secara tertulis (ulangan
harian).
Mengetahui
Kepala MTs N Pakem
ARIF M.Pd.I
NIP : 198901
2 052
|
Sleman, 26 Desember 2011
Guru Mata Pelajaran
AMIN S.Pd.I
NIP : 201101
1 051
|
Lampiran Tes Tertulis
1. Pengertian Kepedulian Sosial?
Jawaban : kepedulian
sosial berarti sikap memperhatikan urusan orang lain (sesama anggota
masyarakat).
2. Sebutkan surat yang membicarakan tentang
kepedulian sosial?
Jawaban : Surat Al-Kautsar dan Al-Ma’un.
3. Berikan contoh perbuatan yang termasuk bentuk
kepedulian sosial?
Jawaban : Sedekah, menjadi relawan, dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar