Minggu, 16 April 2017

KATA PENGANTAR PENYUSUNAN KURIKULUM SEKOLAH

KATA PENGANTAR
Puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayatnya sehingga penyusun Kurikulum SMP IT HIKMAH, Kec Alur, Kab Kupas dapat terselesaikan dengan baik.
Tujuan penyusunan kurikulum ini sebagai operasional Pendidikan di SMP IT HIKMAH untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional (Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003) yang mengacu pada Standar Pendidikan Nasional (Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005).
Atas terlaksananya penyusunan kurikulum SMP IT HIKMAH Ini kami menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada :
1.      AMIN, M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan, Kab. Kampar, yang telah membimbing dan memgoreksi kurikulum SMP IT HIKMAH.
2.      ARIF, M.Si. selaku ketua Komite SMP IT HIKMAH yang telah mendudukung dan memberikan masukan dalam penyusunan.
3.      Semua pihak yanhg tidak dapat kami tuliskan satu persatu yang telah turt memperlancar selama penyusunan kurikulum SMP IT HIKMAH.

         Kami sadar kurikulum yang kami susun ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharap saran dan kritik yang membangun dari semua pihak.­



                                                                                       Kupas, 11 Juli 2013
                                                                                            Kepala Sekolah


                                                                                     ARIF, S.Pd.I.

iii
V. PENUTUP
         Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Tamotota disusun sebagai pegangan baru dalam rangka membangun semangat dan kesadaran masyarakat Desa Pohuwato, Marisa Pohuwato dan peserta didik khususnya yang mengalami keterbelakangan dalam hal pendidikan dan spiritual.. Kurikulum ini digunakan sebagai panduan bagi staf pengajar, staf administrasi, Kepala Madrasah dan juga peserta didik dalam menjalankan proses pembelajaran. Ketentuan yang belum tercantum dalam kurikulum ini diatur dalam ketentuan lain dan manakala ditemukan kekeliruan akan senantiasa dilakukan evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya.
Kurikulum adalah niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru disekolah. Isi kurikulum adalah pengetahuan ilmiah, termasuk kegiatan dan pengalaman belajar, yang disusun sesuai dengan taraf perkembangan siswa. Kurikulum akan mempunyai arti dan fungsi untuk mengubah siswa apabila dilaksanakan dan ditransformasikan oleh guru kepada siswa dalam suatu kegiatan yang disebut proses belajar mengajar.
Kurikulum adalah niat dan rencana, proses belajar mengajar adalah pelaksananya. Dalam proses tersebut ada dua subyek yang terlibat, yakni guru, dan siswa. Siswa adalah subyek yang dibina dan guru adalah subyek yang membina. Kedua-duanya terlibat dalam satu proses untuk mencapai tujuan pendidikan.
Istilah kurikulum awal mulanya digunakan dalam dunia olah raga pada zaman Yunani kuno. Curriculum dalam bahasa Yunani berasal dari kata curir, artinya pelajari ; dan curere artinya tempat berpacu. Curriculum diartikan “ jarak ” yang harus “ ditempuh ” oleh pelari. Mengambil makna yang terkandung dari rumusan diatas, kurikulum dalam pendidikan diartikan, sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan anak didik untuk memperoleh ijazah. Rumusan atau batasan inilah yang pertama kali digunakan dalam bidang pendidikan.
DR. NANA SUDJANA:SINAR BARU:BANDUNG:1991:PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Anak dalam Perspektif Al Qur'an

BAB I PENDAHULUAN A.        Latar Belakang Anak dalam perspektif Islam merupakan rahmat dari Allah yang diberikan kepada orang tua, d...